Manfaat Belajar Memasak Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Belajar Memasak Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ingin Anak Tumbuh Sehat dan Pintar? Ajarkan Saja Mereka Memasak

 

Manfaat Belajar Memasak Untuk Tumbuh Kembang Anak

Proses Belajar Memasak Anak anak

Toronto, David Collins (48) mengajak anaknya Samuel (4) untuk berbelanja setiap akhir pekan. Rupanya kegiatan ini adalah ritual keluarga yang sering mereka lakukan untuk membuat anaknya lebih pintar dan sehat.

“Ketika kami pergi ke pasar, saya mencoba untuk menyuruh dia mengingat nama sayur-sayuran. Saya ingin menyampaikan kepadanya bahwa sayuran dan buah-buahan sangat lezat. Kembali ke rumah, Samuel akan menarik sebuah kursi untuk melihat saya memasak,” kata Collins, pria yang pernah berkecimpung di bisnis makanan, seperti di kutip dari CTV News, Selasa (17/12/2013).

“Dia suka membantu membuat pancake, dia melihat bahan-bahan disiapkan, dipotong dan dibersihkan. Dan ini merupakan sebuah awal untuk mengajarkan anak memasak,” tambah Collins.

Ahli gizi mengatakan ini adalah hal yang seharusnya dilakukan jika ingin anak-anak tumbuh sehat. Dengan belajar memasak, maka anak-anak bisa mandiri dan melakukan kegiatannya sendiri ketika sudah besar nanti.

“Anda bisa mengajarkannya ketika anak dewasa, tapi jika kita mengajarinya mulai dari anak-anak. Itu akan lebih baik karena anak akan melihatnya bahwa memasak dapat menyehatkan tubuh,” ujar Kate Comeau, seorang ahli diet dan juru bicara ahli gizi dari Kanada.

Tugas harus diarahkan sesuai usia dan kemampuan anak. Memotong sayuran hijau dengan tangan merupakan hal yang menyenangkan bagi seorang anak. Setelah mereka mampu membaca resep, maka tugas orang tua adalah mengarahkannya.

“Begitu mereka dapat mengikuti petunjuk, mereka benar-benar dapat membantu orang tua memasak,” ujar Kristi King, seorang ahli diet di Baylor College of Medicine dan Rumah Sakit Anak Texas di Houston

“Kesalahan dan kekacauan akan sering terjadi, seperti tepung tumpah dan bahan-bahan berserakan. Tapi yang paling penting orang tua harus memberitahu bahwa itu tidak apa-apa,” papar Susan Moores, seorang ahli diet di Saint Paul, Minn.

Tetapi jika ingin membantu anak-anak Anda terhindar dari obesitas, Anda harus memberitahu dan mengajarkan mereka bahwa makanan tidak hanya datang produk olahan saja. “Yang menakjubkan adalah bahwa banyak orang tua berpikir sangat penting untuk memastikan anak-anak mereka tahu cara bermain sepakbola atau aktivitas fisik lainnya, namun orang tua tidak memberikan anak-anak mereka life skill memasak,” kata Freedhoff, direktur dari bariatrik Medical Institute.

Freedhoff khawatir bahwa ketika keluarga menjejalkan segala macam kegiatan setelah jam sekolah dan akhir pekan, hal yang sering terlupakan adalah persiapan makan, dan menyebabkan mereka lebih sering makan di restoran atau drive-through. Ia menambahkan beberapa tahun ini peneliti Kanada benar-benar melihat dampak kegiatan setelah sekolah yang padat membuat anak cenderung memanfaatkan makanan cepat saji.

“Entah mereka khawatir tentang keselamatan, maka anak tidak bisa melakukannya, tidak membantu, sehingga tidak mengajak anak untuk memasak. Orang tua lebih senang melihat anaknya bermain gadget dan menonton film,” tutur Freedhoff.

Ia menambahkan orang tua yang mencoba untuk mengajarkan anak-anak mereka memasak tidak harus melibatkan mereka setiap kali memasak. Dia menyarankan agar mengajak anak memasak satu kali seminggu saja. “Jika kita memastikan bahwa setiap anak yang lulus dari sekolah tinggi mengetahui bagaimana memasak makanan sehat, itu akan membuat mereka menjauhi masakan cepat saji atau junk food dan itu membuat anak lebih pintar dan sehat,” jelas Freedhoff.

Tags: Alat Peraga Edukasi Mainan Edukasi Anak Mainan Kayu Manfaat Belajar Memasak Produsen Mainan Anak

author
Author: 

Related Post "Manfaat Belajar Memasak Untuk Tumbuh Kembang Anak"

Toko Puzzle Pulau Pramuka Kepulauan Seribu
Toko Puzzle Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Toko
Toko Puzzle Denpasar Bali
Toko Puzzle Denpasar Bali Toko Puzzle Denpasar
Toko Puzzle Tabanan Bali
Toko Puzzle Tabanan Bali Toko Puzzle Tabanan
Toko Puzzle Klungkung Semarapura Bali
Toko Puzzle Klungkung Semarapura Bali Toko Puzzle

Leave a reply "Manfaat Belajar Memasak Untuk Tumbuh Kembang Anak"