banner 728x90

Permainan Tradisional Dakon/Congklak

banner 728x90

Permainan Tradisional Dakon/Congklak

Permainan Tradisional Dakon/Congklak adalah permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil. Macam dakon/congklak ada 2 macam yaitu terbuat dari plastik dan kayu. Bermain congklak juga dapat melatih anak pandai dalam berhitung. Selain itu, anak yang bermain congklak harus pandai membuat strategi agar bisa memenangkan permainan. Permainan yang disebut dakon dalam bahasa jawa ini, biasanya di mainkan oleh dua anak perempuan. Permainan congklak menggunakan papan uang yang disebut papan congklak.

Permainan Tradisional Dakon/Congklak

Permainan Tradisional Dakon/Congklak

Manfaat permainan congklak meliputi :

  • Melatih Kemampuan Motorik Halus. Saat memegang dan memainkan biji congklak yang paling berperanan adalah motorik halus anak yaitu jari jemari. Bagi individu yang kemampuan kotorik halusnya tidak terlalu baik, maka ia tidak dapat menjalankan permainan tersebut dengan cepat dan mungkin saja biji-biji congklak tersebut akan tersebar dan terlepas dari genggamannya. Kemampuan motorik halus ini sangat bermanfaat bagi anak untuk memegang dan menggenggam alat tulis, dengan kemampuan motorik halus yang baik maka anak dapat menulis bahkan mengetik dengan baik dan cepat.
  • Melatih Kesabaran dan Ketelitian (Emosional). Permainan ini sangat memerlukan kesabaran dan ketelitian. Terutama saat pemian harus membagikan biji congklak ke dalam lubang-lubang yang ada di depannya. Jika si pemain tidak sabar dan tidak teliti maka pemain tidak akan berjalan dengan baik dan pemian yang tidak bermain harus sabar menunggu giliran pemain yang sedang bermain terjatuh.
  • Melatih Kemampuan Kognitif. Untuk bisa menjadi pemenang maka kemampuan untuk menganalisa sangat diperlukan terutama saat lawan mendapatkan giliran untuk bermain.
  • Menjalin Kontak Sosialisasi. Faktor ini merupakan hal terpenting dalam permainan ini karena di lakukan secara bersama-sama maka akan terjalin suatu kontak sosial antara pemainnya.

Madaniah adalah pabrik produsen pembuatan alat peraga edukasi dan mainan anak indoor yang berkualitas bagus. Kami menyediakan permainan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK). Selain tempat produsen, madaniah juga menjadi toko distributor suplier alat peraga edukatif, kami siap menerima pesanan proyek pengadaan paket alat peraga edukatif (APE) untuk dinas pendidikan, DIKNAS, BKKBN (BKBKIT), PAUD, TK/KB, CSR dan lain-lain dengan harga murah dan model terbaru. Selain Permainan Tradisional Dakon/Congklak, berikut beberapa contoh alat peraga edukatif produksi madaniah yaitu Balok Masjid Warna, Balok Pesawat, Balok Pukul isi 5, Balok Pukul isi 6, Balok Pukul Segitiga, Balok Rancang Bangun Warna isi 18, Balok Rancang Bangun isi 26, Balok Rancang Bangun isi 50, Balok Rancang Bangun isi 64, Balok Robot, Balok Rongga, Balok Tangram, Balok Tank, Balok Ukur Natural dan Bantalan Cocok isi 5. Alat peraga atau mainan yang berbahan dasar dari kayu, dikerjakan dengan rapi, halus, serta menggunakan lapisan cat non toxic sehingga tidak mengandung racun dan aman digunakan untuk anak-anak.

Untuk informasi, konsultasi, dan pemesanan silahkan datang ke kantor/workshop kami atau menghubungi nomor telepon kami Selama jam kerja, 08.00-16.00. Klik Alamat Madaniah untuk mengetahui alamat dan nomor kontak kami.

 

banner 728x90

Tags: Alat Peraga Edukasi Toko Alat Peraga

author
Author: 

Related Post "Permainan Tradisional Dakon/Congklak"

Alat Peraga Edukasi Angka Digital
Alat Peraga Edukasi Angka Digital Alat Peraga
Pengiriman Alat Peraga Edukasi Bali
Toko Alat Peraga Edukasi Bali Toko Alat
Alat Permainan Edukatif Taman Kanak-Kanak
Alat Permainan Edukatif Taman Kanak-Kanak Alat permainan
Alat Peraga Edukatif Tema Pekerjaan
Alat Peraga Edukatif Tema Pekerjaan Alat peraga
banner 728x90

Leave a reply "Permainan Tradisional Dakon/Congklak"